Mengupas dalam Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

0
390
Manfaat Dzikir Pagi dan Petang
Foto : quantumbioenergi.com

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang – Dzikir merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, walau pengerjaannya mudah namun banyak sekali orang yang meninggalkan dan malas sekali melakukannya. Padahal saat berdzikir membuat tubuh menjadi tenang dan nyaman, selain itu mendapatkan sebuah pahala.

Dzikir bisa dilakukan saat selesai melaksanakan shalat, pagi hari, sore hari dan masih banyak. Namun, kali ini kami akan membahas tentang Dzikir Pagi dan Petang. Kenapa harus pagi dan petang? Berikut sesuai penjelasan dalam hadits.

Hadits dari Anas bin Malik رضي الله عنه ia berkata: “Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: ‘Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ‘Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.’” (HR. Abu Dawud no. 3667, lihat Shahiih Abi Dawud 11/698 no. 3114 – MisykaatulMashaabiih no. 970, hasan)

Bagaimana seperti yang dijelaskan diatas, bahwa Rasulullah selalu melakukan dzikir saat pagi hari dan sore hari.

Dalam ayat Al-Qur’an sendiri juga dijelaskan, bahwa kita manusia dianjurkan untuk selalu melakukan dzikir kepada Allah SWT dan dilakukan secara ikhlas lilahitaala, serta bukan karena paksaan atau karena ingin dipuji manusia.

 “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang se­banyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42)

Setelah mengerti beberapa penjelasan dan disertai dengan bukti hadits dan ayat-ayat Al-Qur’an. Maka sekarang lanjut dengan pembahasan, bacaan apa yang harus dibaca? Apakah bisa dihafalkan atau tidak? Tentu bisa dihafalkan dan hal ini sering dilakukan tanpa kita sadari.

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

  1. Ayat Kursi

 اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

2. Baca 3x Al Ikhlas, Al-Falaq, An Naas

3. Tahmid, Tahlil, Takbir, Tasbih (Minimal 10x)

Mungkin itulah catatan ilmu tentang islam yang bertema Dzikir Pagi dan Petang. Walau sederhana, apabila tidak dilakukan akan merugi. Mungkin masih banyak bacaan-bacaan dzikir lainnya, tetapi disini kami membagikan yang bisa dibaca yang sudah sering dikenali oleh masyarakat.

Silahkan apabila ingin menambah bacaan dzikir lainnya, hal itu sangat dianjurkan karena setiap menimba ilmu di jalan Allah. Insya Allah akan diberi kemudahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here